Jumat, 16 April 2010

Call for Paper


PENGUMUMAN

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Bersama ini kami kirimkan acuan penulisan untuk jurnal Pendidikan TARUNA STIT Taruna Surabaya, sekaligus sebagai undangan kepada Bapak dan Ibu  untuk mengirimkan tulisan. Demikian atas partisipasinya kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Surabaya, 15 April 2010
Ketua Penyunting,
Didik Supriyanto






 

ISSN 2086-6976

Jurnal Pendidikan TARUNA

CALL FOR PAPER


Jurnal Pendidikan TARUNA adalah jurnal ilmiah Interdisipliner yang memuat hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmu-ilmu pendidikan Islam. Jurnal ilmiah TARUNA diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)  Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) TARUNA Surabaya, diterbitkan dua kali dalam satu tahun,  Maret semester gasal dan September semester genap. Pada setiap nomor kami mengangkat tema tertentu sesuai dengan pembidangan keilmuan Pendidikan
Selain menerima tulisan dalam bentuk makalah, kami juga menerima book review yang sesuai dengan tema pada setiap edisi, baik karya klasik maupun kontemporer.
Untuk itu kami mengundang para penulis untuk mengirimkan tulisannya untuk dimuat dalam jurnal Pendidikan TARUNA sesuai dengan tema keilmuan Pendidikan Islam di atas. Tema pada setiap nomor dan deadline/batas akhir adalah sebagai berikut:
Karya ilmiah yang akan dipertimbangkan untuk dimuat adalah yang memenuhi persyaratan dan acuan berikut:
1.      Artikel adalah karya orisinal dan belum pernah dipublikasikan dalam satu  terbitan berkala atau buku. Topik tulisan sesuai dengan lingkup kajian jurnal, yaitu studi keislaman yang berada dalam ruang lingkup pembidangan keilmuan Pendidikan.
2.      Jumlah halaman antara 20-30 untuk artikel dan 10-15 untuk book review, diketik dengan spasi ganda pada kertas ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm) dengan font garamond ukuran 13.
3.      Artikel harus menyertakan abstrak (maksimal 150 kata) serta kata kunci (5-10 kata). Dengan ketentuan, makalah berbahasa Indonesia menyertakan abstrak dan kata kunci dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab, makalah berbahasa Inggris menyertakan abstrak dan kata kunci berbahasa Indonesia dan Arab, dan makalah berbahasa Arab menyertakan abstrak dan kata kunci berbahasa Indonesia dan Inggris.  
4.      Kata dari bahasa asing dan bahasa daerah yang belum terserap dan terbukukan dalam Bahasa Indonesia ditulis dengan cetak miring (italic); khusus kata Arab ditulis italic dan mengikuti pedoman transliterasi.
5.      Tulisan diserahkan dalam bentuk print-out dan file document yang disimpan dengan format RTF (Rich Text Format) dalam aplikasi computer MS Word, dan disertai alamat email (email: jurnalpendidikanislam_taruna@yahoo.com).
6.      Perujukan dalam tulisan menggunakan model footnote dengan aturan tulisnya:
a.       Buku: Edward W. Said, Orientalism (New York: Vintage Books, 1979), 73.
b.      Buku Terjemahan: Jostein Gaarder, Dunia Sophie, terj. Rahmani Astuti  (Bandung: Mizan, 1997), 127.
c.       Artikel dalam Buku: Asnawi, “Islam dan Visi Kebangsaan di NTB”, dalam Menjadi Indonesia: 13 Abad Eksistensi Islam di Bumi Nusantara, ed. Komaruddin Hidayat dan Ahmad Gaus AF (Bandung: Mizan dan Yayasan Festival Islam, 2006), 300.
d.      Artikel dalam Ensiklopedi: D. S. Adam, “Theology,” Encyclopedia of Religion and Etnics, vol. 12, ed. James Hastings, et. al. (New York: Charles Scribner’s Sons, t.t.), 293.
e.       Artikel dalam Jurnal: Asghar Ali Engineer, “On Developing Liberation Theology in Islam,” Islam and Modern Age, 1 (Februari, 1982), 114.
f.        Artikel dalam Media Massa: M. Luqman Hakim, “Tasawuf dan Proses Demokratisasi,” KOMPAS, 30 Maret 2001, 4.
g.       Skripsi, Tesis, dan Disertasi: Mukhlis, Corak Pemikiran Hamka tentang Pluralitas Agama  (Rekonstruksi dari Tafsir  Al-Azhar), Tesis (Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga, 2000), 25.
h.      Kitab Suci: Qs. Al-Qashash (28): 5; Perjanjian Baru, Yoh. 20: 31.
i.        Bila mengutip ulang referansi yang sama secara berurut, maka cukup tulis: Ibid.   Jika berbeda halamannya,  cukup tambahkan nomor halamannya: Ibid., 14.
j.        Bila referansi terkutip ulang berselang oleh satu atau lebih referensi berbeda, maka cukup tulis last name pengarang berikut satu kata awal judul dari referensi dimaksud. Misalnya: Zahra, Ushûl …, 35.
7.      Tulisan disertai dengan Daftar Pustaka/Bibliography yang ditulis dengan aturan yang sama untuk penulisan foot note, kecuali nomor halamannya yang dihilangkan. Contoh: Edward W. Said, Orientalism (New York: Vintage Books, 1979)
8.      Penulis dapat mengirimkan file artikelnya dalam bentuk CD ke alamat Jurnal Pendidikan TARUNA STIT Taruna Surabaya: Jl. Kalirungkut Mejoyo I/2 Surabaya-Jawa Timur. Atau file dalam bentuk attachment dapat dikirim via email ke: Jurnalpendidikanislam_taruna@yahoo.com
9.      Setiap artikel akan diseleksi dan dinilai oleh tim penyunting dengan melibatkan pakar terkait di bidangnya, dan kemudian penulis akan mendapatkan informasi tentang status artikelnya: diterima, diterima dengan revisi, atau ditolak. Keputusan tim penyunting tidak dapat diganggu gugat.
10.  Bagi penulis yang artikelnya dinyatakan diterima dan telah menyerahkan hasil revisinya, tinggal menunggu urutan antrean  dan sesuai jadwal terbit jurnal.
11.  Hal-hal lain dapat ditanyakan langsung kepada pengelola jurnal. Contact Person yang dapat dihubungi adalah: Didik Supriyanto (Ketua pnyunting: 081 553 110 298)




Ketua Penyunting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar